Wednesday 29 April 2015

Hal-Hal yang membuat saya semakin cinta sama stand up comedy


Pagi ini nggak ada yang lebih indah kecuali secangkir teh yang menemani serta status jomblo yang telah lenyap. Nggak ada kata yang bisa saya ucap kecuali Alhamdulillah. Beribu, berjuta dan bermilyar syukur saya ucapkan pada Allah swt yang bertubi tubi menganugerahi nikmat kepada saya. Dan maafkan saya yang tiap habis subuh selalu tidur lagi dan bangun siang. Oke itu PR saya semoga besok saya nggak lagi tidur habis subuh.  Soalnya ngilangin kebiasaan ini susahnya kaya ngempesin roda kereta api. Saya mohon yang baca tulisan ini bantu kirim al fatihah buat saya biar besok saya bisa bangun pagi dan selamanya nggak pernah tidur habis subuh lagi. Soalnya entah berapa jam kuliah yang sudah dicoret gara-gara kebiasaan ini.
Oke kali ini saya nggak bakal ngomongin tentang kebiasaan aneh saya itu. tapi kali ini yang bakalan saya omongin adalah saya yang semakin nyaman dengan aktivitas stand up comedy yang saya lakukan. Sudah setahun lebih saya belajar stand up comedy dengan komunitas di kabupaten tempat saya tinggal. Selama itu pula saya semakin ngerasa bahwa mereka adalah saudara. Mereka adalah sahabat yang nyaman buat dengerin setiap omongan saya. Awalnya dulu saya ikut komunitas ini murni karena saya suka dengan stand up comedy saya ingin belajar dan mendapatkan tempat belajar yang nyaman dengan sesama penyuka stand up comedy.
Semakin kesini yang saya dapatkan dari aktivitas ini jauh diluar ekspektasi saya. Dan itu beneran diluar prediksi saya dan apa yang saya dapatkan ini jauh lebih istimewa dari niat awal saya yang sekedar suka dan ingin belajar.”beribadah dengan tawa, fee ibarat pahala”. Ungkapan itu yang paling tapat buat ngegambarin apa yang saya alamin. Hal hal yang diluar ekspektasi saya antara lain.
1. Job Personal
Iya setelah setahun lebih saya jalanin aktivitas ini saya mulai berdatangan job stand up comedy dan itu pun job personal dan bukan komunitas. Jadi mereka yang menginginkan jasa pengiriman tawa saya langsung aja sebut nama. Seperti sore-sore waktu itu saya lagi makan es cendol di bawah pohon sendirian karena masih jomblo dan bukan homo karena hanya berdua sama abang abang tukang cendol yang rambutnya sok pake pomade dan bikin jidatnnya keling. Tiba-tiba saya dapet telfon darri nomor baru yang belum saya kenal, singkat kata dia bilang.”ini mas Rofiq Hudawiy kan?”.tanya suara serak-serak basah mirip luna maya dibalik telefon.”iya...siapa ya?”. Balas saya dengan suara sok cool. Padahal dalem hati ngarep banget cewek dibalik telfon bakal bilang i Love U duluan. Fakkk. Shit...ngaco.”oh iya mas...saya osis dari SMA XX pengen undang mas Rofiq buat perform di acara ulang tahun sekolah kami”. Lanjut suara serak-serak basah itu. hal pertama yang bikin saya seneng apa? Yaitu ketika dia menyebut nama saya berarti memang dia mengenali saya dan menginginkan saya yang perform bukan yang lain. Beda lagi kalo job komunitas itu atas nama komunitas dan yang nentuin komiknya ya komunitas.”nah tahu saya dari mana mbak?”. Tanya saya masih setengah nggak percaya dengan cendol yang nyangkut bergelantungan di jakun.”saya sering lihat mas open mic kok tiap malam minggu”. Tanpa banyak ngomong saya langsung sujud syukur macam evan dimas habis cetak gol dan absurdnya si abang-abang cendol latah dan ikutan sujud syukur meskipun tanpa ada yang bilang jebret. Dan kejadian itu nggak Cuma sekali bahkan pernah sebulan saya dapet sampek 4 job personal.

2. Tawa Penonton
Tugas kita adalah mengirim tawa. Ketika penonton tertawa itu yang membuat kita lega.puncak kepuasan kita sebagai comic adalah ketika melihat tawa penonton dalam setiap jokes yang kita lemparkan. Dan rasa puasnya itu seperti kita kebelet boker seminggu dan akhirnya nemu kamar mandi yang akhirnya meledak di dalam. Dan sebaliknya ketika ngebomb atau jokes kita meleset itu rasanya kaya ngantri 1 km buat ngedapetin bensin di SPBU pas giiran kita mau ngisi dompet kita ketinggalan jadi pecah kepala dan hati kita. Sakitnya tuh di dada. Penonton itu ibarat kaca yang sangat jujur, ketika itu memang pantas untuk tertawa maka mereka akan tertawa dan ketika memang itu tidak pantas tertawa maka tidak bisa dipaksa. Dan penonton juga tidak bisa disalahkan. Kalo ada comic yang nyalahin penonton itu mah perlu di revolusi mentalnya. Yang jelas ibarat HP, tawa penonton adalah power bank yang siap ngisi energi kita ketika kita lemes, lupa, atau bad mood.


3. Fee atau uang
Sekalipun saya nggak pernah kepikiran sama yang namanya fee atau uang. Murni niat awal saya Cuma sekedar hobi. Saya pun selama ini nggak pernah pasang tarif di setiap ada yang menginginkan jasa saya. Tapi Allah berkata lain. Hampir pasti setiap saya selesai ngejob stand up pasti ada saja amplop yang masuk ke saku saya. Nggak penting sih buat saya amplop yang penting isinya kok.ahahaha.  saya masih inget betul setengah tahun lalu itu pertama saya dapat fee itu sekitar 150.000. kalo saya nggak mempermasalahkan nominal karena ketika penonton tertawa itu yang bikin saya bahagia. Tapi lama-lama ketagihan juga.fakk.hahaha. ia memang bener dan ini fakta. Tanpa kita bilang berapa nominal yang kita butuhkan mereka sudah tahu berapa yang harus mekera kasih untuk kualitas kita. Dan alhumdulillah sekarang setelah 4 sampai 5 kali job uangnya bisa dibuat beli sepatu catterpilar yang sudah lama saya ngiler ngelihatnya. Ya biar kelihatan gagah kayak Rajo langit.hahaha.

18 comments:

  1. Hebat juga nih bocah :))
    btw, kamu suka nonton stànd up di tv juga?

    ReplyDelete
  2. hahaha. terima kasih.
    iya pasti sering lah buat belajar, comic faforit saya son goku, crylin, sinchan, upin ipin, saya nggak pernah ketinggalan nonton tuh :D

    ReplyDelete
  3. Wah hebat ya sampai bisa dapat penghasilan dari hal yang disukai. Saya jadi iri :')
    Semangat ya kak buat terus menekuni hal yang disukainya! :D

    ReplyDelete
  4. saya belum apa apa kok, masih hebatan kamu, karena orang hebat adalah orang yang mau ngehargain karya orang lain contohnya seperti kamu menghargai tulisan saya:D
    semangat juga buat kamu :D

    ReplyDelete
  5. Wah keren nih masih muda. Salam kenal yaa baru pertama kali mampir di blog ini \(w)/
    Anyway, domisili di mana ini?

    ReplyDelete
  6. salam kenal juga mas. anda cerdas sekali mas tahu kalo saya masih muda:D
    saya di ponorogo mas. kota Reog :D

    ReplyDelete
  7. oh blogger ponorogo, catterpillarnya jgn2 buat main reog.
    Reog kan gagah :D haha
    #salam kenal mas

    ReplyDelete
  8. hahaha. buat ngapelin pacar lah :D. pacar saya Reog tapi :D
    salam kenal juga mas :D

    ReplyDelete
  9. Keep it up! Semoga makin cinta deh sama Stand up Comedy :D

    ReplyDelete
  10. amin...doanya pasti diijabah sama Allah :D

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah rejeki anak soleh.. :D

    Asyik jugak tuh. Andai ada 10 job per bulan, mending jadi freelance aja sekalian. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, yang penting bukan rejeki anak salah :D
      iya mungkin comic bisa jadi PND di departemen pariwisata beberapa tahun kedepan :D

      Delete
    2. Bahahah.. Rejeki anak salah.. :P

      Delete
  12. mantep.. semoga makin banjir job, semoga pahalanya mengalir karena bikin orang tersenyum dan tertawa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas, doa yang baik akan dibalas dengan lebih mulia sama Allah mas :D

      Delete
  13. Masih jadi penikmat saja, tapi ada rasa ingin untuk mencoba. Pankapan. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepeti jatuh cinta dari rasa ingin mencoba lalu mulai menyayanginya :D. Eaaaa#

      Delete
  14. Setelah baca komenan, ternyata mase dari Ponorogo. Tak kira dari Madiun. Soale itu ada foto Masnya lagi sama Mas Brintik. Saya temennya Mas Brintik (Yahya) dari komunitas Stand up UMS. Salam kenal. Hehe

    ReplyDelete