Tuesday 17 March 2015

Love Mantan Lil Alamiin





“cewek kelihatan jauh lebih cantik kalo sudah jadi mantan”. Sering sekali saya  dengerin ungkapan semacam itu. dan beragam pula yang ngomong. mulai temen, saudara, tetangga, preman, ustad atau preman yang kemudian jadi ustad kaya di ftv*ngaco*. Dari setiap omongan itu, saya selalu bereaksi yang sama ketika ngedengernya. Kalian tahu apa?. Bukan...bukan...saya nggak pernah ngasih motivasi dadakan seperti bapak Mario Teguh tentang cara Move on pada mereka yang ngomong itu ke saya. Nah...betul sekali. Saya Cuma bisa mengaggukan kepala ketika ada ungkapan seperti itu. entah kenapa memang tanpa saya sadari benak saya setuju dengan ungkapan itu. jadi tak perlu banyak kata lagi untuk menjelaskanya. Berbeda lagi ketika orang yang tidak sepaham pasti dia akan menjawab panjang lebar dengan jawabanya.”bisa jadi”,”Tidak”,”Iya..iya...”. serasa di eat bulaga indonesia.
“kenapa saya Cuma bisa manggut-manggut saja kalo denger ungkapan seperti itu?”. pertanyaan super sekali. Pertanyaan itu ibarat saya nyalain petasan lalu masukin ke kuping sendiri. Berhubung saya baik hati, demi kalian saya bakal jawab.*tarik nafas*. Iya memang saya pernah ngalamin sakit hati yang sangat dan sampai sekarang saya masih gagal move on.”Hore...”.*tepuk tangan*. Puas kalian?. War..wer..war..wer..eaaa...eaa...eaaa... apa sih ini.
Sakit hati itu nggak enak. Beneran. Lebih nggak enak dari makan mie setan level infinity sekalipun. Mungkin kalian bakal bilang saya lebay atau entahlah sebangsanya tapi nggak apa apa, fair kok. Sekarang giliran saya yang nanya. Kalo kalian pacaran tiga tahun lalu tiba-tiba putus tanpa alasan yang jelas gimana? Nggak bisa jawab kan. Tiga tahun itu bukan waktu yang singkat lho!. Kredit motor udah lunas tuh tiga tahun. Saya akui memang ada yang pacaran lebih lama dari tiga tahun *pacaran apa kredit rumah tuh lama bener!* tapi sebenarnya titik beratnya pada kasus saya ini bukan durasinya tapi quality timenya yang begitu indah pada awalnya lalu hilang gitu saja tanpa alasan yang jelas. Ya kalo di FTV sih masih mending masih ada alasan putus mungkin miskin dan kaya, kuliah di luar negeri atau selingkuh atau mungkin di luar negeri terus selingkuh.
Pacar*eh...* maksud saya kalo mantan saya itu tiba-tiba suka ilang-ilangan, jarang ngasih kabar, saya curiga diam-diam dia pergi ke iraq dan daftar isis atau ikut dunia lain dan pindah dunia. Saya juga sudah nyariin dia ke barat sama biksu tong nemenin dia ambil kitab suci*apa sih*. Ah entahlah itu otomatis saya nggak betah kan lama-lama? Dan kata PUTUS pun keluar dari mulut saya. Enteng sih ngomongnya dan awalnya bikin lega juga dihati mirip orang yang kebelet boker dan sudah diujung lalu ketemu toilet berbintang lima dengan closet berlapis emas bertabur berlian hujan coklat di ladang gandum jadilah coco crunch*apa sih ini...*.
Sehari biasa, dua hari nggak apa-apa eh...satu minggu tiba-tiba mlai terasa ada yang beda. Kemaren pulsa habis ada yang beliin, belum makan nggak punya duit ada yang nganterin, lagi sakit tiduran ada yang ngerawatin, lagi sendirian bengong ada yang nemenin. Ketika itu yang ada di kepala saya Cuma dia yang sudah jadi mantan. Hampir semua aktivitas yang saya lakukan, pikiran saya selalu keinget dia terus. Pernah waktu itu saya lihat iklan chunky bar yang sloganya”panjang sih, tapi rela bagi-bagi?”. Dan seketika slogan itu berubah jadi”cantik sih, tapi rela ke lain hati?”. Shit.
hari-hari yang saya laluin berubah terasa sangat berat. Semua hal yang dulu menyenangkan jadi membosankan. Bantal, selimut, guling dan tebalnya kasur menjadi sahabat yang nyaman berhari-hari tapi nggak kayak FTV juga sih yang sampai nggak doyan makan berhari-hari, waktu itu saya tetep makan sih bahkan makin kenceng selera makan saya. Apalagi nangis!*najis*. Beneran saya nggak nangis, iya dikit-dikit sih iya. Maklumlah saya juga punya hati. Menangis bukan tanda lemah, tapi menangis adalah cara terindah bagi hati untuk bicara*cie...*.
ibu saya pun mulai mecium gelagat aneh saya waktu itu. awalnya sih ibu Cuma nanyain”kamu kenapa?tumben di rumah saja, biasanya kalo belum bulan purnama kamu belum pulang!”.*emak-emak fans GGS*. Saya pun Cuma menggeleng.”nggak apa-apa kok buk”. Tapi lama-lama ibu saya kepo juga. Dia nyewa Reporter investigasi trans TV buat cari tahu apa yang sebenernya terjadi dengan anak sulungnya. Singkat cerita ibu tahu kalau saya sedang patah hati.”sudah lah...kalo memang jodoh nggak kemana kok!”.begitu ucap ibu saya. Itu kata pamungkas bagi siapa saja yang lagi nasehatin temen atau sodara yang baru putus cinta. Agama memang sangat penting buat jomblo. Kalo kalian punya agama, pas lagi ditanyain orang kan enak jawabnya.”baru putus ya? Pasti galau!”. Orang beragama jawabnya gini.”iya, tapi nggak galau sih soalnya jodoh ada di tangan Allah swt”.*cieeeeileh*. Coba kalo kalian atheis ditanyain pertanyaan kaya tadi jawabnya gimana. Jodoh ada di tangan siapa coba kalo kalian nggak punya tuhan?.
Awalnya ibu saya santai ngelihat anaknya lagi galau dan dia bisa maklum. Tapi hal itu berubah ketika galau saya nggak sembuh-sembuh lebih dari sebulan. Mana mungkin sih tiga tahun bersama penuh cinta bisa semudah balikin telapak tangan ilangnya. Ibu mulai melakukan hal-hal ekstrim buat nyembuhin saya dari galau akut stadium akhir. Suatu sore saya terbangun dari tidur karena dengerin suara merdu lantunan ayat-ayat suci al-qur’an yang merdu. Betapa terkejutnya saya ketika melihat seluruh santri dan santriwati ibu saya berkumpul di ruang tamu. Oh iya saya belum cerita ya kalo Saya terlahir dari seorang Kyai yang memimpin sebuah pondok pesantren di jawa timur. Ratusan santri dan santriwati berkumpul melantunkan surat Yasin. Seketika yang ada di pikiran saya adalah.”ini yang meninggal siapa?”. Dan nggak Cuma itu, di tengah para santri yang sedang mengaji ada dua loyang besar jenang berwarna merah dan putih. Namanya jenang sengkolo. Oleh sebagian orang jawa yang masih memegang erat kebudayaanya, jenang sengkolo digunakan sebagai simbol dalam ritual tolak balak. Saya pun semakin merasa bingung.
“eh kamu sudah bangun fiq...”. ucap ibu saya.”ini santri-santri baca surat Yasin buat siapa buk?, siapa yang meninggal?”. Betapa terkejutnya saya ketika dengan lantang ibu menjawab.”ini semua buat kamu”.*bangke!*. ini maksudnya apa. Apa ibu saya pengen kalo saya cepet-cepet meninggal, atau ibu saya menganggap saya sebagai bala’ dalam keluarga ini yang sesegera mungkin harus dimusnahkan.*Faakkk*. Muka saya padam. Tikus mungkin takut lihat muka saya.”semoga kamu cepet hilang sakit hatinya”. Itu do’a dari ibu saya sore itu. untung saja ibu nggak kasih tahu sama semua santri dan santriwati kalau hajatan sore itu semata dalam rangka mengobati sakit hati saya. Saya khawatir kalo sakit hati saya nggak sembuh-sembuh bisa-bisa ibu saya undang ustad soleh pati buat gambarin makhluk-makhluk astral yang memenuhi hati saya lalu mengusirnya. Ya sejak saat itu saya tahu bahwa ibu selalu ingin yang terbaik untuk anaknya.
Saya belum siap sakit hati. saya belum siap dia ilang gitu aja. Saya belum siap tertawa sendiri. Saya belum bisa mencari kebahagiaan yang lain. Dan saya belum siap masih melihatmu ketika kamu bukan siapa-siapa lagi. Itu semua yang seketika saya sadari.sejenak saya singkirkan gengsi yang membendung cinta dihati dan saya beranikan untuk mengirim pesan singkat untuknya yang sekedar berisi”maaf”. Rasa penasaran, harap-harap cemas menuggu balasan darinya masih sangat terasa seperti ketia dia masih jadi pacar saya. Sesaat kemudian pesan singkat masuk di ponsel saya. Dia membalas.”nggak apa-apa kok, aku sudah maafin, kita kan masih bisa sahabatan”. Saya bahagia dia sudah memberi maaf, tapi secepat itukah dia menganggap saya sebatas sahabat. Secepat itukah dia menghapus kata pacar di dalam benaknya. Hati saya semakin terasa sakit lebih sakit dari cinta Naruto yang ditolak Sakura atau bahkan saya harus seperti Naruto yang bisa membuka hatinya untuk orang lain yang tak lain adalah Hinata. Entahlah. Saya tidak bisa berbohong ketika hati kecil saya bilang”lebih baik aku tidak melihatmu selamanya daripada dekat dimata hanya sebagai sahabat saja”.
Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT di dunia ini sebagai Rahmat. Iya”Rahmatan lil ‘alamin”. Tapi saat itu yang saya Rasakan adalah Love Mantan lil ‘Alamin, ketika cinta pada mantan lebih dari alam semesta. Saat itu apapun yang saya lakukan yang saya ingat Cuma mantan alam semesta serasa terabaikan. Untung saja Allah swt maha baik hati selalu ngejagain saya pas lagi nyebrang nggak lihat kanan kiri dan hampir ketabrak mobil, ketika saya naik motor dan nylonong gitu aja nggak sadar kalo lampu lagi merah. Ketika ada dua motor yang mepet dan neriakin saya yang saya kira begal tapi Cuma mau bilang”mas jagang sepedahnya”.

4 comments:

  1. Perpisahan tak menyedihkan yang menyedihkan adalah bila habis ini saling lupa -pidibaiq

    ReplyDelete
  2. yang lebih menyebalkan itu pura-pura lupa bang :D

    ReplyDelete
  3. haduh love mantan lil'alamain :)
    emang sih kalau udah pacaran lama tapi berakhir tanpa ada alasan itu sakitnya itu terasa banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sakitnya you know lah!...tapi paling nggak sekarang ada goyang dumang jadi tenang sajalah :D

      Delete