Sunday 29 September 2013

SKS ( Sistem Kejar Semalam )

gambar dari @Ngampusaja

apa yang muncul di otak lu ketika gue nulis tulisan berjudul SKS begini?. Gue pintar, gue akademisi, gue genius. Terima kasih atas pujian dan sanjunganya.hehe. gue mau mengklarifikasi sebeum kalian semua mengalami kontroversi hati yang lebih lanjut lagi. SKS yang gue omongin disini bukan satuan kredit semester tapi system kerja semalem. Ya…buat mahasiswa yang nggak baru lagi seperti gue tugas bukanlah lagi menjadi momok yang menakutkan dan juga beban. Kenapa? Karena semua dosen itu baik hati. Nggak percaya? Coba kalian telat masuk setengah jam?. Lupa ngumpulin tugas? Atau bahkan bolos sekalipu. Apakah kalian dapet hukuman ekstrim seperti waktu SMP maupu SMA seperti push up, jalan jongkok atau bahkan lari-lari keliling lapangan?. Nggak ernah kan?. Itu yang buat gue selalu betah kuliah. Hanya satu yang bikin dosen marah menurut gue yaitu lu kentut di kelas dia dengan suara.”pret…pret….pret..”.dan berbau limbah pabrik tebu. Coba deh…paling dapet jus gratis. Mweheheh. Oke SKS kali ini berhubungan dengan kebiasaan mahasiswa mengerjakan tugas dari masa kemasa. Chek it brot!.
1.      Mahasiswa Baru ( semester 1 – semester 2 )
Buat mahasiswa baru yang namanya tugas itu masih sangat menakutkan. Karena mereka masih melihat tugas dengan tatapan mata kosong dan raut muka yang lugu. Maka terjadilah kegelisaha. Begitu juga dengan gue. Dulu ketika awal jadi mahasiswa ketika gue dapet tugas hal yang pertama bakal gue lakuin adalah bergegas ke perpus. Ngapain ke perpus? Ya cari buku lah masak cari cewek. Ya sebenernya sih niat gue ke perpus sih nggak Cuma nyari buku sih. Siapa tahu ada adegan layaknya film box office Indonesia yaitu ketika seorang cowok mengambil buku terlihat wajah cantik seorang cewek dibalik rak buku. Tapi mungkin nasib gue belum beruntung karena setiap gue narik buku dari rak yang kelihatan malah gondoruwo dan kawan-kawan. Oke..balik ke pembahasan(cieileeh). Biasanya mahasiswa baru ketika mendapat tugas akan selesai dua hari atau tiga hari sebelum deadline. Dan sisanya dua hari menjelang deadline digunakan untuk belajar presentasi dengan ngomong di depan kaca kamar mandi kaya kesurupan suster push up. Akhirnya hari presentasi pun tiba dan presentasi berjalan lancar meskipun agak canggung berbicara di depan kelas. Dan juga biasanya ketika awal kuliah seperti ini antusiasme bertanya dari teman sekelas masih sangat tinggi sekali dan berisi pertanyaan yang sangat penting misalnya.”maaf mau Tanya, toiletnya sebelah mana ya?”. Terima kasih.
2.    Mahasiswa Medium ( semester 3 – semester 5 )
Disinilah awal mula mahasiswa mengenal yang namanya SKS yaitu System Kejar Semalem. Maksudnya gimana?.maksudnya pada level ini lu mulai tenang jika mendapatkan tugas. Kalo sebelumnya lu cepet-cepet ke perpus ketika mendapat tugas. Pada level ini lu sudah berani bilang.”ah ntar aja deh tugasnya”.dan mulai berani nongkrong di kantin daripada ke perpus. Pada masa ini juga kalian mulai menjadi mahasiswa yang sok asik. Sok asik gimana maksudnya?. Yang gue maksud sok asik adalah kemana-mana lo ketemu temen selalu manggil “bro!” kalo nggak gitu “men”. Meskipun begitu masih ada sedikit ruang di dalam hati dan otak yang memikirkan tugas sehingga pada akhirnya kalian masih maen ke perpus untuk menyiapkan tugas. Biasanya pada level ini kalian akan berhasil menyeleseikan tugas sehari sebelum deadline. Dan untuk presentasi kalian nggak perlu belajar ngomong karena sudah pandai ngomong bahkan dengan sedikit variasi yaitu ngibul segala arah.
3.      Mahasiswa Expert ( semester 6 – semester 8 )
Disinilah puncaknya mahasiswa behasil menguasai SKS alias system kejar semalam. Sudah pasti ketika mendapat tugas kalian akan milih ke kantin dengan free wi-fi daripada ke perpus. Bahkan hamper pasti kalian nggak pernah ke perpus pada level ini. Mungkin kalian ke perpus hanya kalau ada keperluan seperti nemenin gebetan mahasiswa baru yang nyari buku. Atau modus gebetan baru biar kelihatan rajin dan kutubuku. Atau juga kalian cinlok dengan om-om penjaga perpus entahlah. Mahasiswa pada level ini hanya perlu 2 hal dalam mengerjakan tugas yaitu free wi-fi dan juga googling dan selesai sudah. Biasanya mahasiswa seperti ini menyelesaikan tugas beberapa jam sebelum deadline. Dan untuk presentasi nggak usah diragukan lagi mahasiswa level ini udah amat sangat pandai bersilat lidah. Bahkan dosen pun kemakan sama gombalanya. Misalkan.”bu…tadi masih di foto kopi makalahnya”. Pasang muka meyakinkan dengan senyum voldemort. Dosen pun menjawab.”oh iya silahkan presentasi soft copi aja”. Padahal sama sekali tugas belum jadi. Presentasi pun copas dari Wikipedia.


9 comments:

  1. pertanyaan di dalam diri gue , apakah nanti kalo gue sudaah menginjak semester 3 bahkan semester 6 akan seperti itu ?? :)))
    tapi itu yang disemester 1 bener , gue lagi mengalami masa masa itu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nggak tau juga sih. mungkin juga bisa gitu.hehe
      oh..masih semester satu... selamat berpanik dengan tugas:D

      Delete
  2. gw sih masih smk, belum kuliah. jadi belum pernah ngerasainnya XD

    ReplyDelete
  3. Gue kuliah udah mau skripsi, gak getoooo juga kaleee :D nice posting, btw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah semester keberapa belas bang?:D. semoga lekas wisuda dan sukses. amin:D

      Delete
  4. Muahahah ini gue bangett... Bahkan tugas buat bsok belom gue jamah sedikitpun... Kerjain tugas gue pliss -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa?...mending cepet beli sesajen deh buat mbah google biar kelar tuh tugas:D.mwehehe

      Delete
  5. pake sistem kebut semalem biar lebih greget :v
    gue masih semester awal tapi udah begitu, tapi setiap hari tetep nanya-nanya cara ngerjain tugasnya sih hadeehh...

    ReplyDelete